Selasa, 27 Februari 2024

Akan Undang Xi Jinping ke Ukraina, Zelensky: Saya Ingin Berbicara Dengannya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa ia mengundang rekannya Presiden China Xi Jinping untuk mengujungi negaranya. Komunikasi langsung antar presiden itu akan menjadi yang pertama kalinya sejak awal konflik terjadi dengan Rusia pada Februari tahun lalu.

“Kami siap untuk melihatnya di sini. Saya ingin berbicara dengannya. Saya pernah berkontak dengannya sebelum perang skala penuh. Tapi tidak ada di sepanjang tahun ini, sudah lebih dari satu tahun,” ujar Zelensky dalam sebuah wawancara eksklusif melansir AP, Kamis (30/3).

Baca Juga: Think Tank AS: Harus Ada Langkah untuk Hadapi Cina di Era Perang Dingin Baru

Zelensky juga sangat menyadari bahwa kesuksesan negaranya sebagian besar dipengaruhi oleh gelombang dukungan militer internasional, terutama dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Tetapi, ia pun terbuka terhadap pembicaraan damai melalui 12 poin rencana perdamaian yang dimediasi oleh China.

Meskipun hubungan China dan Rusia semakin erat, terlihat setelah adanya pertemuan antar presiden pada minggu lalu, Zelensky tidak menutup kemungkinan bahwa China memiliki intensi damai yang layak didengar.

Baca Juga: Hadapi Uji Rudal Korut, AS Kembali Kirim Kapal Induk ke Korsel

“Saya pikir beberapa proposal China menghormati hukum internasional, dan saya pikir kami dapat mengusahakannya dengan China,” ujarnya.

Zelensky pun menegaskan bahwa ia hanya akan mempertimbangkan penyelesaian damai setelah pasukan Rusia meninggalkan wilayah Ukraina. Sebagai sekutu utama, AS menganggap proposal China yang mencakup deeskalasi dan gencatan senjata itu, hanyalah sebuah strategi semata untuk menguntungkan Rusia. Walaupun demikian, Zelensky mengaku akan mengambil langkah dengan sangat hati-hati untuk kebaikan negaranya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER