Sabtu, 2 Maret 2024

Air Staff Talks, Komitmen TNI AU dan IAF Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kerja sama pertahanan antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Indian Air Force (IAF) telah terjalin begitu lama. Kerja sama tersebut telah direalisasikan dalam sejumlah kegiatan, salah satunya melalui pertukaran perwira untuk menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Komando masing-masing negara.

Sejalan dengan hal tersebut, kedua angkatan udara kemudian sepakat untuk terus melanjutkan program pertukaran perwira ini dan membahasnya lebih mendalam melalui Air Staff Talks yang digelar di Seskoau, Bandung, Rabu (18/1).

Dalam pertemuan ini, delegasi TNI AU dipimpin oleh Komandan Seskoau (Danseskoau) Marsda TNI Minggit Tribowo yang didampingi oleh Waasops KSAU Marsma TNI Wayan Superman. Sementara delegasi IAF dipimpin oleh Asisten Intelijen IAF Air Vice Marshal Rajiv Kumar Obheroi.

TNI AU dan IAF
Staf TNI AU dan IAF yang menghadiri Air Staff Talk TNI AU-IAF. (Foto: Dok. tni-au.mil.id)

Apresiasi dan ucapan terima kasih atas jalinan kerja sama yang telah terjalin selama ini turut diutarakan oleh kedua pimpinan delegasi. Minggit mengungkapkan bahwa kedua angkatan udara sepakat untuk mempromosikan kemitraan dalam sektor pertahanan berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan rasa hormat yang tinggi satu sama lain.

“Kita semua memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja sama dalam suasana yang bersahabat guna membangun dan mengembangkan ikatan antara kedua angkatan udara,” ungkap Danseskoau dikutip dari tni-au.mil.id, Jumat (20/1).

Baca: Jadi Unity of Command, Pangkoopsudnas: Kami akan Tegakkan Kedaulatan Udara Indonesia

Lebih lanjut ia mengajak semua pihak untuk memanfaatkan forum diskusi ini sebagai sarana untuk berbagi ide dan saran terbaik guna meningkatan kualitas kerja sama yang telah terjalin.

Pernyataan senada disampaikan oleh Rajiv yang berharap agar TNI AU dan IAF dapat membahas lebih dalam program kerja sama pertahanan yang berpotensi dilakukan di tahun depan. IAF pun menawarkan sejumlah program latihan kepada TNI AU, di antaranya transport aircraft operation and maintenance crew, operational and weapon training, latihan bersama, professional military education, dan medical training and courses. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER