29 Pesawat China Terobos Zona Pertahanan, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

11
Ilustrasi sebuah miniatur pesawat tempur China terlihat di depan bendera China dan Taiwan (Reuters)

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan, sebanyak 29 pesawat China yang di antaranya 18 pesawat tempur, enam pesawat pengebom H-6, pesawat jenis pengebom, peperangan elektronik, dan pengumpul intelijen terbang di atas wilayah Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan, Selasa (21/6).

Dikutip dari Reuters, Rabu (22/6), dari 29 pesawat China itu, di antaranya terbang di daerah timur laut Pratas. Pesawat jenis pengebom, disertai dengan pesawat peperangan elektronik dan pesawat pengumpul intelijen, terbang ke Selat Bashi sebelum kembali ke China. Kendati demikian, sejumlah pesawat tersebut sama sekali tidak melepaskan tembakan.

Lantas, Kementerian Pertahanan Taiwan mengerahkan jet tempur untuk memperingatkan 29 pesawat tersebut, hingga mengerahkan sistem rudal untuk memantau pergerakan mereka di udara. Ini adalah serangan terbesar sejak Taiwan melaporkan 30 pesawat China memasuki ADIZ pada 30 Mei lalu. Ssbelumnya pada 23 Januari, 39 pesawat China juga terbang di zona pertahanan udara Taiwan.

Salah satu juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) kepada Reuters dalam sebuah email mengungkapkan, China harus menghentikan tekanan dan intimidasi militer, diplomatik, dan ekonomi terhadap Taiwan untuk menerima klaim kedaulatannya. Bahkan, pada bulan lalu, China melakukan latihan militer di sekitar Taiwan yang secara tak langsung sebagai “peringatan serius” terhadap “kolusi” Taiwan dengan AS.

Sejauh ini, belum ada komentar dari pemerintah China. Namun, dahulu China kerap mengatakan, pengerahan pesawat-pesawat tempur yang terbang ke wilayah Taiwan ialah dalam rangka latihan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara. (at)