Senin, 15 April 2024

2.500 Prajurit Angkatan Laut 36 Negara Akan Jalani Sea Phase MNEK 2023

BACA JUGA

Makassar, IDM – Dansubsatgas Exercise MNEK 2023 Kolonel Laut (P) Lukman Kharis, mengungkapkan sekitar 2.500 prajurit angkatan laut dari Indonesia dan 35 negara bakal melaksanakan Sea Phase yang digelar besok.

“Sekitar 1.000 personel dari 35 negara peserta dan 1.500 personel dari Satgas MNEK 2023 TNI AL,” ungkap Lukman di sela-sela kegiatan tactical floor game (TFG), Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6).

Baca Juga: Satgas Pamtas RI – Malaysia Berikan Layanan Pengobatan Gratis untuk Masyarakat

Sebelum melaksanakan Sea Phase, perwakilan tiap unsur angkatan laut dari total ribuan personel tersebut, terlebih dahulu mengikuti TFG untuk menyamakan pemahaman saat menjalani latihan manuver lapangan.

MNEK
Para perwakilan delegasi dari unsur angkatan laut 36 negara menyimak pemaparan Sea Phase dalam tactical floor game. (IDM/Faisal Ramadhan)

“Personel yang mengikuti TFG hari ini adalah perwakilan dari unsur-unsur laut dan udara, yakni dari kapal perang, pesawat udara, dan helikopter yang berarti di sini termasuk para pengawaknya,” kata Lukman.

Ia menjelaskan, 17 kapal perang dari 13 negara peserta dikerahkan dalam Sea Phase. Sedangkan TNI AL mengirimkan delapan KRI dan 10 unsur udara yang terdiri dari CN-235, Cassa, Bonanza, Helo Nbell-412, dan Panther AS 365 MBE.

Baca Juga: Di Asean Coast Guard Forum, Wakil Menteri Pertahanan Bahas Isu Keamanan dan Keselamatan Laut

Sementara itu, bagi para delegasi negara lainnya yang tidak mengirimkan alutsista atau hanya menghadirkan para observer, mereka bakal ditempatkan di KRI atau pesawat TNI AL sesuai latar belakang kemampuan.

“Ada penyelam, di kapal, dan yang penerbang di pesawat atau helikopter. Nanti, observer akan diikutsertakan dalam skenario Sea Phase dan on board di sejumlah KRI kita,” jelas Lukman. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER