Minggu, 16 Juni 2024

18 Jet Tempur Milik China Kembali Masuk Ke Wilayah Udara Taiwan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, Jumat (6/5) setidaknya ada 18 jet tempur milik China kembali masuk ke Zona Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ).

Angkatan Udara Taiwan langsung mengerahkan jet tempur guna memberi peringatan dan mengaktifkan sistem pertahanan udara untuk memantau pergerakan jet tempur China.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (7/5) Kementerian Pertahanan Taiwan menjelaskan, bahwa China mengerahkan masing-masing enam pesawat tempur J-11 dan enam J-16 China serta dua pembom H-6 yang dikawal oleh pesawat anti-kapal selam Y-8. Pesawat tersebut terbang ke selatan Taiwan melalui Selat Bashi yang memisahkan pulai itu dengan Filipina.

Disisi lain, Taiwan, yang diklaim oleh China sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluhkan misi serupa yang sering kali dilakukan oleh jet tempur China.

Namun, China telah menjelaskan pengerahan jet tempur tersebut merupakan upaya untuk mempertahankan kedaulatan dalam melawan kolusi pasukan asing, merujuk atas dukungan Amerika Serikat terhadap Taiwan.

Meski demikian, Taiwan saat ini dalam keadaan siaga karena khawatir China bisa saja memanfaatkan invasi Rusia ke Ukraina untuk membuat langkah militer serupa. Namun sejauh ini pemerintah Taiwan belum melaporkan tanda-tanda serangan China. (ADT)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER